ini punya andra lho,,

Melakukan setting network shared folder in windows 7

Posted on: Januari 23, 2010

Melanjutkan dari posting yang ini, kali ini saya akan menceritakan bagaimana langkah-langkah saya dalam membuat setting network shared folder di windows 7.

Langkah-langkah untuk melakukan penyettingan ini sebenarnya mudah saja :

  1. Buka network and sharing center
  2. Set advanced sharing setting di sebelah kiri atas
  3. Lalu pilih opsi enable network discovery, file sharing, public folder sharing untuk
  4. Lalu tinggal pilih folder mana yang akan dishare melalui windows explorer (klik kanan di folder, pilih sharing, dan aktifkan sharing)
  5. Voila ! Folder itu dan komputer yang dishare akan tampak di bagian network pada windows explorer.

Tampak mudah ? Tentu.

Sayangnya, memang hal yang tampak mudah ternyata dalam kenyataannya menjadi (sangat) sulit.

Settingan di atas tampak hanya berhasil apabila pengguna komputer hanya menggunakan komputer tersebut dengan cara ‘biasa’, setinggan koneksi pakai router, tidak pakai firewall tambahan, dll.

Sedangkan saya ? Untuk mengkoneksikan komputer dan netbook saya menggunakan kabel lan cross dengan menggunakan ip statik (ip cuma beda satu digit terakhir, subnet mask sama), kemudian untuk firewall menggunakan windows7firewall control yang benar-benar memberikan pilihan program apa saja yang boleh lewat (saya gak suka komputer saya memberikan data-data tanpa seijin saya). Disamping itu komputer saya juga terhubung ke internet via modem (yang berarti komputer saya memiliki multiple network, hal yang cukup membuat hal ini lebih rumit -_-)

Bila di data langkah per langkah inilah permasalahannya :

- Setting ip statik

Langkah pertama, karena langsung pakai kabel lan cross, tanpa router maka settingan ip diset statik. Pastikan settingan ip dan subnet mask benar. (cara paling gampang, set ip : xxx.xxx.xxx.xxy, (hanya berbeda di digit terakhir dan subnet mask 255.255.255.0)

- Coba ping – General Failure Error

Setelah ip diset, cek apakah bisa mengirim data dari komputer ke netbook dengan ping.

Masalah yang muncul pada ping biasanya adalah general failure error. Hal ini terjadi karena sistem tidak bisa mengirimkan paket ping karena diblok. Masalah ini biasa terjadi apabila menggunakan firewall tambahan seperti norton atau windows 7 firewall control. Pastikan program “general process service windows” dalam bentuk file scvhost bisa mengakses lokal.

Masalah lain yang bisa terjadi adalah destination host unreachable, hal ini karena tujuan tidak ditemukan. Masalah ini biasa selesai apabila langkah 4 telah dilakukan.

- Set shared folder

Set folder mana yang bisa dishare, cukup klik kanan di foldernya dengan windows explorer dan pilih share.

- Setting network yang berbeda

Nah, masih ingat change advanced share setting yang ada di bagian kiri atas di network and sharing centre ? Di situ perubahan setting dapat dilakukan seperti network discovery, file sharing, dll. Yang penting dilihat di sini adalah windows membagi network dalam tiga jaringan, yaitu public, work, dan home. Kalau misal hanya terkoneksi pada satu komputer saja maka menganggap semua jaringan sebagai public tidak masalah (walau sebenarnya tidak disarankan). Apabila seperti saya, dimana komputer desktop terkoneksi dengan internet, maka sebagai akibatnya desktop saya akan sudah terkoneksi kepada sebuah jaringan public. Apabila saya menset enable file sharing di public, tentu akan menimbulkan potensi bahaya keamanan.

Oleh karena itu, sebaiknya yang dilakukan adalah menset file sharing hanya pada home saja. Akan tetapi, hal ini menimbulkan masalah baru, dimana network baru dengan cable cross yang telah dibuat antara netbook dan dekstop secara otomatis akan diset menjadi public network oleh windows 7 dan tidak ada pilihan bagaimana untuk merubahnya kembali. xD

Setelah berkutat lama, akhirnya ketemu juga cara untuk mengakalinya. Dengan menggunakan komputer yang hanya terkoneksi pada network yang dimaksud saja (dalam hal ini netbook saya), buka windows eksplorer, lalu pilih network. Akan timbul notifikasi di atas dimana network discovery belum diaktifkan (tentu saja, karena jaringan masih dalam bentuk public). Klik notifikasi itu, dan akan muncul pilihan yaitu no, jangan aktifkan file sharing untuk public, dan yes, aktifkan file sharing untuk publik. Jangan pilih yang kedua, tetapi pilih yang pertama. Entah knapa windows akan mengubah jaringan yang terkoneksi sekarang, yaitu sebelumnya (unidentified network, public), secara otomatis menjadi work. (yang sampai sekarang saya tak tahu kenapa.. xD) Sekarang, mestinya public share pada komputer akan terdeteksi via netbook.

- Masalah pada tiap kali koneksi

Untuk tiap kali koneksi, biasanya akan butuh user dan password. Masukkan sekali saja dan pilih save agar secara otomatis terkoneksi. Sayangnya tiap kali mencopot kabel lan, permasalahan sebelumnya kembali muncul, sehingga setiap kali mencopot dan memasang kabel harus melakukan lagi langkah sebelumnya untuk membuat network yang terdeteksi menjadi public.

- Network shared folder sudah bisa dipakai. Give it a shot ! Works wonders with synctoy :)

Fiuuuh..

Akhirnya beres juga. Sebenarnya microsoft memberikan fitur yang lebih gampang untuk sharing, yaitu via homegroup. Sayangnya sampai sekarang saya masih belum bisa menset network yang saya punyai menjadi home. Mungkin nanti kalau saya masih penasaran saya akan coba lagi :D

19 Tanggapan to "Melakukan setting network shared folder in windows 7"

saya mengalami hal yang tidak jauh sama dalam sharing data di win 7. kalo buat share printer dan folder public bisa… tapi kalo sharing folder di drive lain tidak bisa, misal di d: ( tampak hasil sharing di komputer lain tapi tidak bisa dibuka)

bener2 membingungkan dibanding dengan xp yang lebih user friendly

barangkali bisa memberi pencerahan

hm, tidak bisa dibuka ? kemungkinan besar folder tersebut belum dishare untuk user yang mengakses. coba lihat lagi bagian permission user apa saja yang dapat mengakses folder tersebut.. semoga berhasil :)

udah bos, tp tetep aja kyak gt, gimana ya solusinya?

saya mempunyai masalah yang sama dengan Bobby,, di komputer lain tidak bisa membuka sharing partisi D,, padahal partisi nya sudah di sharing.. pas nge klik folder partisi D di Network,, lalu muncul kotak dialog “You have not Permission”… mohon pencerahan nya ya….??

saya udah coba2, dan ternyata memang koneksi network auto detect, biasanya berpengaruh terhadap ada dan tidak adanya DHCP, apabila ip nya bersifat static maka gateway ip harus disetting, sehingga problem “undefined network” dapat teratasi. dan pastinya kita dapat memilih network type yang kita kehendaki didalam “network and sharing network”

boleh mintak tlng gk,gue pake windows7,tp u/ bikin pc kita terbaca dari pc lain itu caranya bagai mana???????.cz gue da coba tp pas uda konek pc laen mintak pasword kalo mo baca com kita,tolong dong solusinya,kalo bisa tolong balas ke e_mail gue egax@rocketmail.com,thanks…………

Maaf mungkin yg ini ya; pada computer klik kanan untuk menampilkan properties, tinggal edit aja computer name, domain dan workgroup setting.
Salam@Wira

ada 2 laptop yg pake windows 7 di kantor. sudah dalan jaringan yang sama. drive di-share. tp, kenapa hanya laptop A yg bs buka laptop B y? sedangkan laptop B tidak bisa buka laptop A?
mohon pencerahannya……

trima kasih.

mungkin coba dilihat permission untuk user mana yang bisa mengakses folder tersebut. Biasanya sih di laptop B diset agar user laptop A yang bisa mengakses, namun sebaliknya tidak..

semoga membantu.. :)

pertama kali nyobain win 7..tentunya pengen coba setting jaringan…install printer yang tersharing di win XP udah ga ada masalah…sharing folder win 7 – win XP no problem juga..nah lalu munculnya lah pertanyaan :
bagaimana cara sharing drive D nya??? biasa kan kalo di win XP langsung klik kanan di drive D : tapi untuk win 7 ini ko nda bisa ya…dan bagaimana pula supaya bisa dibaca dari win XP.

hem..tanya ma mas google ketemu deh link di forum 2 luar…so, how to nya (cara termudahnya) ialah …
1. buka regedit.exe bisa cari di searchnya win 7 pas di atas tombol start atau ketik di run command = “regedit.exe”
2. telusuri alamat berikut :
HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Policies\System
3. buat key baru disana : klik kanan – NEW – 32-bit DWORD
4. beri nama value barunya dengan nama : “LocalAccountTokenFilterPolicy” dan isi nilai value = 1.
(jika ingin mematikan value ini tinggal set value nya ke 0 atau hapus key nya)
5. pastikan firewall diset allow untuk sharing atau di OFF kan sekalian (meskipun beberapa org mungkin ga recommended this step..)
6. Now, klik kanan pada DRIVE D : klik kanan PROPERTIES ke tab SECURITY set EVERYONEnya di edit permissionnya jadi =FULL CONTROL..
7. cara akses dr win XP di alamat explorer ketik IP komputer yg dituju, misal : //192.168.1.10/D$ (enter)
tralala….masuk deh ke D nya di win 7 tadi ^_^
jikalau ada permintaan password n user name, isikan sesuai dengan user account di komputer kamu.

permintaan pengisian user account n password ini bisa dimatikan pada win 7 di :
CONTROL PANEL – NETWORK AND SHARING CENTER – CHANGE ADVANCE SHARING SETTING. turn OFF (matikan) opsi PASSWORD PROTECTED SHARING pada home dan public…
(cara ini tidak dianjurkan kecuali anda berada pada workgroup yg benar2 aman, dr orang2 yg mungkin menghack data anda).

ini juga saya dapet info dari http://ikehsunshine87.blogspot.com/2009/12/sharing-drive-d-di-windows-7.html
thank’s
semoga berguna

terima kasih infonya ya :)

waduhhh cara yang terakhir tambah ruwet, cara yang pertama gagal he he, punyaku mau saya share, tapi satunya XP satunya 7, gimana ya mas, thanks

gue udah coba cara di atas tp gk bisa juga………

tapi bagaimana share data pada 2 komp. yang mennggunakan wind. 7 ,,,,,,bukannya pake password dimintakan ……????? trus password apa yang mau diisi…???

password itu password untuk login ke dalam sistem, sesuai dengan user/password yang ada di komputer yang bersangkutan

Saya mengkoneksikan XP dengan yang windows server 2000 yang ada password nya ga masalah,
tapi Windows 7 ke Windows server 2000 dengan password yang sama kenapa ga masuk2..
mohon pencerahan..

itu harus dicek dulu, apakah settingan pada windows 7nya sudah benar ? mungkin ada masalah di autentikasi.

jelaskan bagaimana sih cara sharing data pada windows 7 bung.?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Me :

koleris. suka hal-hal baru. cepat bosen. suka makan. suka tidur. santai. work hard play harder :)

My way of life

Mood saya..

My Unkymood Punkymood (Unkymoods)

Yang dah berkunjung

  • 136,658 kunjungan

Kalender.. :)

Januari 2010
S S R K J S M
« Okt   Mar »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031

RSS tumblrkuw

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

Koleksi Foto ^^

Pak sapi dan bu sapi

anak2x sapi

work-hard-play-hard

More Photos
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: